Rabu, 07 Mei 2008

Cara-cara Merakit CPU

LANGKAH-LANGKAH MERAKIT CPU

Dalam merakit CPU ( Central Processing Unit ) yang perlu diperhatikan adalah saat Pemasangan tiap-tiap komponen CPU (Central Processing Unit ) diperlukan ketelitian dan kesabaran, hal ini diperlukan untuk menghindari kerusakan pada peralatan. Pada saat kita memasang atau melepaskan salah satu peralatan dari mainboard seperti RAM, Processor, VGA Card, konektor Power Supply dilakukan pada saat komputer mati. Kalau komputer dalam keadan hidup, maka bisa mengakibatkan kerusakan

Langkah – langkah dalam merakit CPU (Central Processing Unit)

a. Memeriksa Casing.

1. Bukalah penutup casing dengan melepaskan baut yang terdapat dibelakang casing terlebih dahulu. Geser dan angkat penutup casing, dan lepaskan dari rangkainya. Jika penutup dalam keadan baik bisanya semua bagaian casing juga dalam keadan baik.

2. perhatikan letak atau bagaian mainboard dan power Supply pada casing jika semua dalam keadan baik maka casing siap dipakai.

b. Memasang Motherboard

1. Pasanglah klem (penyangga) mainboard pada Casing jika diperlukan.

2. Letakan mainboard pada Casing sesuai dengan tempat dan posisinya, kemudian bautlah mainboard tersebut dengan hati – hati, jangan sampai papan mainboard tergores oleh obeng atau baut karna bisa menyebabkan kerusakan pada mainboard tersebut.

c. Memasang Processor

1. Bukalah tuas penggunci socket processor. Geserlah sedikit kekanan. Tariklah keatas sampai tegak lurus.

2. Dudukkan processor hingga seluruh kaki masuk ke dalam socket. Jangan menekan Intel Pentiumsecara berlebihan dalam proses ini. Bila kaki processor tidak masuk secara keseluruhan, tekan tuas pengunci kebawah.kuncikan tuas pengunci tersebut.

3. Letakan heatsink fan di atas processor. kuncikan atau kaitkan heatsink fan ke konektor kabel power Supply.

d. Memasang Memory

1. Sesuaikan jenis memory dengan jenis slot pada mainboard.

2. Pada memory jenis RAM dan EDO RAM pemasangannya dengan posisi miring pastikan pin-pin memory sejajar dengan garis slot memory. Tekanlah memory kearah depan.

3. Untuk memory jenis SDRAM dan DDR RAM sedikit berbeda cara memasang dengan memory sebelumnya. Pastikan pin-pin memory sejajar dengan garis pin memory. Tekanlah memory dengan posisi vertikal kebawah secara berlahan.

e. Memasang CD-ROM Drive.

1. Pasang CD-ROM Drive pada drive bay CD-ROM Drive dibagian depan casing. Buatlah CD-ROM Drive agar tidak bergerak atau bergeser.

2. Hubungkan kabel IDE HDD ke konektor IDEI atau HDDI dan ke CD ROM Drvie .

3. Hubungkan konektor kabel pewor Supply ke CD-ROM Drive.

f. Memasang VGA Card

1. Sesuaikan jenis VGA dengan Slot pada mainboard.

2. Dudukkan Card VGA pada slot Card dengan posisi vertikal, tekanlah Card VGA ke bawah secara berlahan.

3. Hubungkan kabel monitor ke port kabel monitor pada VGA.

g. Memasang Harddisk

1) Aturlah Jumper harddisk, kebanyakan harddisk mempunyai setting jumper yang dicetak dilabelnya.

2) Pasanglah jumper pada drive bay (dudukan harddisk) dibagian dalam casing. Baut harddisk tersebut hingga tidak dapat bergeser atau bergerak.

3) Hubungkan kabel IDE/HDD ke konektor IDE/HDD mainboard.

4) Hubungkan konektor kabel power supply ke harddisk.

h. Memasang Floppy Disk Drive

1. Pasanglah floppy disk drive pada drive bay dibagian depan Casing. Bautlah floppy disk drive tersebut agar tidak dapat bergeser atau bergerak.

2. Pasang kabel floppy disk drive ke konektor FDD pada mainboard.

3. Hubungkan konektor kabel power supply ke floppy disk drive.

i. Memasang Sound Card

1) Sesuaikan jenis sound card dengan slot pada mainboard.

2) Dudukan sound card pada slot dengan posisi vertikal. Tekan sound card kebawah secara berlahan. Lalu bautlah kartu tersebut hingga berpegangan dengan baik pada mainbord.

Tidak ada komentar: